Selasa, 12 April 2011

Terapan Komputer Perbankan V


ELECTRONIC BANKING (E-Banking)

Bagi kalangan yang memiliki kesibukan yang begitu padat tentunya akan mencari berbagai layanan yang memudahkan dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan transaksi. Bagaimana mempermudah orang yang sibuk dengan berbagai kegiatan yang biasa dengan rutin memerlukan jasa layanan Bank untuk itulah diciptakan apa yang disebut e-banking. Saat ini layanan tersebut sudah menyentuh hampir seluruh lapisan masyarkat. Kita tentu kini dengan mudah memperoleh layanan tersebut, dengan masuk ke bank para petugas akan segera menawarkan jasa layanan tersebut untuk bank yang bersangkutan.
Kemudahan ini tentunya disebabkan oleh media yang digunakan adalah jaringan internet yang tentunya saat ini dapat begitu mudah kita akses melalui handphone yang tentunya kini hampir dimiliki oleh setiap orang. Caranya mudah dengan mengisi formulir dan membayar uang administrasi yang boleh dikatakan kecil handphone anda sudah tersambung dengan layanan tersebut. Sebagai pertimbangan mungkin adalah dengan sekali mendaftarkan nomor tersebut selanjutnya anda dapat menggunakan / terhubung dengan bank dimana anda menyimpan uang. Bahkan berbagai provider layanan seluler kini telah bekerjasama dengan bank untuk langsung dapat mengakses e-banking tanpa harus mendaftar ke bank namun tentunya kita akan terpotong pulsa sebagai biaya administrasinya. Berbagai layanan Electronic Banking atau E-Banking untuk memenuhi kebutuhan Anda akan alternative media untuk melakukan transaksi perbankan, selain yang tersedia di kantor cabang dan ATM. Dengan Electronic Banking, Anda tidak perlu lagi membuang waktu untuk antri di kantor-kantor bank atau ATM, karena saat ini banyak transaksi pebankan dapat dilakukan dimanapun, dan kapanpun dengan midah dan praktis melalui jaringan elektronik, seperti internet, handphone, dan telepon. Contohnya adalah transfer dana antar rekening
maupun antar bank, pembayaran tagigan, pembelian pulsa isi ulang, ataupun pengecekan mutasi dan saldo rekening.

Berikut adalah beberapa cara Mendapatkan E-Banking
Anda yang telah memiliki rekening Tabungan atau Giro dapat mengajukan layanan E-Banking, yang meliputi internet banking, mobile banking, phone banking dan sms banking.

I. INTERNET BANKING
Anda dapat melakukan transaksi perbankan (finansial dan non-finansial) melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet bank.

Jenis Transaksi :
      Transfer dana
      Informasi saldo, mutasi rekening, informasi nilai tukar
      Pembayaran tagihan (misal: kartu kredit, telepon, handphone, listrik)
      Pembelian (misal: pulsa isi ulang, tiket pesawat, saham).
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Internet Banking
     Jangan pernah memberitahukan User ID dan PIN (Personal Identification Number) Anda kepada orang lain, termasuk kepada petugas dan karyawan Bank
      Jangan meminjamkan KeyToken pengaman transaksi Anda kepada orang lain
      Jangan mencatat User ID Anda di tempat yang mudah diketahui orang lain
      Gunakan User ID dan PIN Anda secara hatihati agar tidak terlihat dan diketahui oleh orang lain bila perlu lakukan pergantian setelah anda merasa kurang aman
      Pastikan Anda mengakses alamat situs bank dengan benar. Pahami dengan baik situs bank Anda

II. MOBILE BANKING
Adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone GSM (Global for Mobile Communication) dengan menggunakan SMS (Short Message Service).
Jenis Transaksi
   Transfer dana
   Informasi saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar mata uang
   Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi)
   Pembelian (pulsa isi ulang, saham)
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Mobile Banking
      Anda wajib mengamankan PIN MobileBanking
      Anda bebas membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera melakukan penggantian PIN.
      Bilamana SIM Card GSM Anda hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain, segera beritahukan bank Anda terdekat atau segera telepon ke Call Center bank tersebut.

II. PHONE BANKING
Adalah layanan yang diberikan untuk kemudahan dalam mendapatkan informasi perbankan dan untuk melakukan transaksi finansial non-cash melalui telepon.
Jenis Transaksi
   Transfer dana
   Informasi saldo, mutasi rekening
   Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi)
   Pembelian (pulsa isi ulang)
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Phone Banking
      Anda wajib mengamankan PIN Phone Banking
      Anda bebas untuk membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera lakukan penggantian PIN.

IV. SMS BANKING
Adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message service)
Jenis Transaksi :
Transfer dana
Informasi saldo, mutasi rekening
Pembayaran (kartu kredit)
Pembelian (pulsa isi ulang)
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi SMS Banking
      Jangan memberitahukan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda kepada orang lain
      Jangan mencatat dan menyimpan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda di tempat yang mudah diketahui oleh orang lain.
     Setiap kali melakukan transaksi melalui SMS Banking, tunggulah beberapa saat hingga anda menerima response balik atas transaksi tersebut.
     Untuk setiap transaksi, Anda akan menerima pesan notifikasi atas transaksi berupa SMS yang akan tersimpan di dalam inbox.

Keuntungan Electronic Banking
Mudah
1.   Dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.
2.   Hanya dengan menggunakan perintah melalui komputer dan/atau alat komunikasi yang anda gunakan, dapat langsung melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke kantor bank atau ke ATM (kecuali untuk ambil uang tunai).
Aman
1.  Electronic Banking dilengkapi dengan security user ID dan PIN untuk menjamin keamanan atas transaksi yang Anda lakukan.
2.  Beberapa bank juga menggunakan KeyToken alat tambahan untuk mengamankan transaksi finansial, seperti Internet Banking. Dengan demikian, transaksi Anda semakin aman.
3.   SMS Banking dilengkapi dengan sistem proteksi dengan menggunakan kode akses/nomor pribadi yang Anda pilih sendiri dan nomor ponsel yang Anda daftarkan.
     
     Yang perlu kita perhatikan adalah kita harus mengetahui secara detail tentang ketentuan yang telah dibuat pihak bank dan melakukan pengecekan berkala terhadap transaksi kita dan ketentuan security user untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar