Selasa, 24 Mei 2011

Ter. Komp. Perbankan 8

** PRODUK BANK **


Berbagai layanan dan produk tentu banyak ditawarkan oleh berbagai bank saat ini. Banyak produk bank yang dapat kita pertimbangkan jika kita membutuhkan sesuatu baik pinjaman maupun memerlukan barang. Produk layanan bank tersebut dapat secara pribadi atau perorangan seperti: Simpanan, Pinjaman, Kartu Kredit, Elektronik Banking, Kartu Debit, ATM dan lain-lain, dan juga untuk perusahaan seperti: Simpanan Perusahaan, Pinjaman Bisnis, Pembiyaan Khusus, Layanan Khusus Bisnis, Coorporate banking. Namun saya akan mencoba mencermati produk layanan untuk pribadi. Disini tentunya juga kita harus mencermati produk layanan bank tersebut dengan berbagai pertimbangan. Hal ini penting untuk mengukur kemampuan kita agar tidak memberatkan nantinya dikemudian hari.
Demikian halnya pihak bank yang menawarkan produk, mereka tentunya mengajukan syarat-syarat yang harus kita penuhi. Seperti salah satu produk bank bagi kalangan pribadi untuk kredit kepemilikan mobil dari bank Mega seperti tertera dibawah ini:
Nama Produk Mega Oto. 
Jenis Produk Kredit Pemilikan Mobil.
Manfaat Produk
(bagi debitur)
Fasilitas pinjaman dari Bank kepada cadeb untuk memfasilitasi pembelian mobil baru maupun bekas (second) untuk dipergunakan sendiri (perorangan) dan bukan untuk tujuan komersial (angkutan penumpang umum dan barang). 
Persyaratan Penggunaan
(oleh debitur)
•  Jenis kendaraan yang diperbolehkan adalah kategori mobil penumpang (sedan dan non sedan).
•  Plafon kredit : Rp. 25 juta - Rp. 750 juta.
•  Maksimal kredit (LTV) sebesar 80% dari harga on the road (mobil baru) atau sebesar 70% dari nilai           taksasi (mobil second).
•  Debt service ratio, maksimal 35% dari penghasilan cadeb (atau joint income).

Perorangan :
•  Pegawai/karyawan tetap (masa kerja minimal 2 th, atau pengalaman kerja ditempat sebelumnya 2 th).
•  Wiraswasta (minimal 2 th berjalan).
•  Profesional (minimal 2 th praktek).
•  Usia debitur minimal 21 th dan pada saat jatuh tempo kredit usia maksimal 55 th, khusus untuk wiraswasta dan profesional pada saat jatuh tempo kredit usia maksimal 60 th.
•  Mobil bekas, usia mobil ditambah jangka waktu kredit maksimal 11 th
   (total).  
Metode perhitungan bunga/bagi hasil margin keuntungan (yang berhubungan dengan debitur)
Alternatif 1 :
Suku bunga Add on - in advance (flat), tetap selama jangka waktu pinjaman, angsuran pertama dibayar pada saat akad kredit.
Alternatif 2 :
Suku bunga Effektif - in arrear, fixed rate untuk 1 tahun pertama, selanjutnya floating mengikuti perkembangan suku bunga, angsuran pertama dibayar paling lambat satu bulan setelah akad kredit.
Jangka waktu berlaku
(bila diperlukan)
1 tahun - 5 tahun.

Penerbit produk
PT. Bank Mega Tbk.

Penjelasan tentang program penjaminan atas produk
(untuk produk dana)

Demikian salah satu contoh produk layanan bank Mega, yang dapat kita temui baik langsung ke bank Mega maupun melalui websitenya.
sumber Bank Mega Tbk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar